Sabtu, 22 Mei 2010

Inter Mengukir Treble Winne


Inter mengukir juara Liga Champion setelah mengalahkan 0-2 di partai final melawan Bayern Munchen yang dilangsungkan Di Santiago Barneubeu Madrid (22/5/2010). Dua gol Diego Milito dimenit 35 dan 62 memastikan Inter sebagai klub pertama serie A yang meraih treble winner.

Bermain di depan 85 ribu dalam stadion Santiago Barneubeu, Inter yang diprediksi bakal bermain defensive dimenit-menit awal justru menyerang terlebih dahulu dan membuat pemain Munchen memperlambat permainan.. walau akhirnya pemain-pemain Bayern merebut tempo permainan. Namun anak asuh Louis Van Gaal gagal menembus jantung pertahanan Inter.

Pada menit ke 18 dan 26 Wesley Sneijder mempunyai kesempatan melakukan tendangan bebas namun 2 kali tendangan bebas itu dapat dimentahka oleh kesigapan kiper Munchen Jorg But.

Dalam dominasi penguasaan bola pemain Munchen, Inter mampu mencuri serangan balik yang cepat lewat umpan jarak jauh kiper Inter Caesar yang ditanduk Milito kearah Sneijder dan dikembalikan lewat umpan terobos kembali, bola mampu disarangkan Milito ke Jorg But. Kedudukan 0-1 bertahan sampai turun babak pertama.

Awal babak kedua pemain FC Hollywood mengejutkan lewat Thomas Mueller dengan peluang di depan gawang Caesar tapi tendangan Mueller masih tertepis oleh kaki Caesar kiper Inter.

Semenit kemudian Goran Pandev membalas dengan tendangan dari luar kota penalty. Pandev melambungka bola ke pojok atas gawang Butt. Sang kiper Butt dapat menepisnya dengan sigap.

Tertinggal 0-1 membuat pemain-pemai Bayern Munchen semakin rajin melakukan serang dan mendominasi penguasaan bola. Sehingga beberapa kali gawang Inter terancam. Misalnya dimenit 62 sepakan Mueller yang masih tertepis kepala Esteban Cambiasso lalu tendangan kilat Arjen Robben masih mampu di antisipasi oleh Caesar.

Dalam kondisi menyerang, Samuel Eto’o mampu mencuri bola lalu diberikan kepada Diego Milito di sayap kanan, dengan sedikit mengelabuhi Van Buyten Milito sukses mengirim bola ke gawang Butt dimenit 71.

Ketinggalan 0-2 pasukan Van Gaal tak ada pilihan lagi kecuali terus memborbardir gawang Inter, dengan memasukan Miroslave Klose. Akan tetapi tak satupun pemain FC Hollywood berhasil menembus pertahanan gerendel pemain-pemain Inter yang penuh disiplin itu. sampai wasit Howard Webb meniup peluit panjang babak kedua hasil 0-2 untuk Inter.

Penantian panjang Inter Milan setelah 45 tahun tidak merebut Liga Champion tuntas. Terkahir menjadi Juara piala Champion pada tahun 1965 sebelum berubah menjadi format Liga Champion sekarang.

Pencapaian Inter serasa lengkap setelah minggu kemarin mereka berhasil mempertahankan Scudetto Serie A dan sebelumnya merebut kembali Piala Italia, keduanya dari AS Roma yang menjadi pesaing utama di liga domestik.

Kebahagian dirasakan oleh segenap Internisti pendukung Inter Milan tetapi juga oleh sang Presiden Massimo Moratti yang menganggap kemenangan dalam pertandingan final itu sebagai hari terpenting dalam hidupnya. Setelah menunggu 45 tahun. "Ini kebahagiaan yang sama dengan 45 tahun lalu," kata Moratti usai kemenangan 2-0 yang diraih Inter atas Bayern Muenchen, Sabtu (22/5/2010).

Gelar ini pun merupakan persembahan sang pelatih Jose Mourinho kepada sang Presiden yang telah memimpin Inter sejak 1995 lalu rehat dua tahun sebelum kembali lagi memimpin Inter. "President Moratti merupakan orang yang sangat spesial bagi saya," kata Mourinho sehari sebelum final lawan Bayern Muenchen, Jumat (21/5/2010). "Saya harap dapat melihatnya tersenyum bersama trofi besok, menangis gembira. Saya akan senang melihat fotonya bersama trofi di samping foto ayahnya di Appiano Gentile."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar